Kamis, 17 Januari 2013

Format Anecdotal Record



CONTOH FORMAT PEDOMAN OBSERVASI

1.      Catatan Anekdot Insidentil
            Catatan tingkah laku murid pada waktu menerima pelajaran di kelas:
 Mata Pelajaran     : ...................................................................................
Guru                      : ...................................................................................
Tanggal
Peristiwa
Komentar Observer
paraf





2.      Catatan Anekdot Periodik
Masalah yang diobservasi             : Kejadian-kejadian pada waktu kerja kelompok.
Hari ke
Peristiwa
Komentar
Paraf
1



2



3



4



5




3.      Daftar Cek Bentuk Kelompok
Aspek yang diobservasi    : kegiatan waktu diskusi kelompok dan membahas
  masalah “tata tertib sekolah”.
Waktu observasi                : Tanggal......., jam........, tempat.............................
Aspek Yang Diobservasi
Nama Peserta Diskusi Kelompok:
A
B
C
D
F
G
H
1. Mengemukakan pendapat







2. menjelaskan







3. Menentang







4. Bertanya







5. Meminta penjelasan







Komentar Observer   : ....................................................................................................

                                                                                               Observer: ..........................



4.      Daftar Cek Individual
Aspek yang diobservasi    : ada tidaknya sifat mengganggu teman pada seorang
  murid.
Nama murid                      : .................................................., kelas ......................
Hari-hari
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
Situasi

1.        Dalam kelas






2.        Dalam diskusi






3.        Dalam kerja kelompok






4.        Dalam kerja sendiri






5.        Waktu istirahat






6.        Di perpustakaan






7.        Dalam studi trip






Komentar Observer   : ....................................................................................................

                                                                                          Observer: ..............................
5.      Skala Penilaian Deskriptif
Aspek yang diobservasi    : kedatangan seorang murid ke sekolah.
Nama                                 : ............................, kelas .....................
Aspek yang diobservasi
Alternatif
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak pernah
1.        Datang terlambat

2.        Datang sendirian

3.        Datang bersama kawannya

4.        Pakaian rapi

5.        Datang dengan semangat

6.        Datang terus belajar

Komentar Observer   : .....................................................................................................

                                                                                                 Observer: ........................


6.      Skala Penilaian Grafis
Aspek yang diobservasi    : kegiatan murid dalam kelas.
Nama                                 : ................., kelas ................, mapel ..................

1. Minat Belajar
bersikap biasa
saja secara
wajarmenunjukkan minat 
yang besar setiap 
waktu

2. Pengajuan Pertanyaan
tidak pernah
mengajukan 
pertanyaankadang-kadang 
mengajukan
pertanyaanselalu mengajukan
pertanyaan



3. Pekerjaan Rumah
tidak pernah
dikerjakankadang-kadang 
dikerjakanselalu dikerjakan
dan tepatdikerjakan
tapi salah

4. Kehadiran di Kelas
seringkali absen dan 
tidak ada alasanadakalanya tidak hadir
tapi ada alasan

Komentar/Kesimpulan: ...................................................................................................


                                                                                                Observer, .........................

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates