CONTOH
FORMAT PEDOMAN OBSERVASI
1.
Catatan Anekdot Insidentil
Catatan
tingkah laku murid pada waktu menerima pelajaran di kelas:
Mata Pelajaran :
...................................................................................
Guru :
...................................................................................
Tanggal
|
Peristiwa
|
Komentar
Observer
|
paraf
|
|
|
|
|
2.
Catatan Anekdot Periodik
Masalah yang diobservasi : Kejadian-kejadian pada waktu
kerja kelompok.
Hari
ke
|
Peristiwa
|
Komentar
|
Paraf
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
3.
Daftar Cek Bentuk Kelompok
Aspek yang diobservasi : kegiatan waktu diskusi kelompok dan
membahas
masalah “tata tertib sekolah”.
Waktu observasi : Tanggal......., jam........,
tempat.............................
Aspek
Yang Diobservasi
|
Nama
Peserta Diskusi Kelompok:
|
||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
F
|
G
|
H
|
|
1. Mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
|
|
|
2. menjelaskan
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Menentang
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Bertanya
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Meminta penjelasan
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentar Observer :
....................................................................................................
Observer: ..........................
|
4.
Daftar Cek Individual
Aspek yang diobservasi : ada tidaknya sifat mengganggu teman pada
seorang
murid.
Nama murid :
.................................................., kelas
......................
Hari-hari
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
Situasi
|
|
|||||
1.
Dalam kelas
|
|
|
|
|
|
|
2.
Dalam diskusi
|
|
|
|
|
|
|
3.
Dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
|
4.
Dalam kerja sendiri
|
|
|
|
|
|
|
5.
Waktu istirahat
|
|
|
|
|
|
|
6.
Di perpustakaan
|
|
|
|
|
|
|
7.
Dalam studi trip
|
|
|
|
|
|
|
Komentar Observer :
....................................................................................................
Observer:
..............................
|
5.
Skala Penilaian Deskriptif
Aspek yang diobservasi : kedatangan seorang murid ke sekolah.
Nama :
............................, kelas .....................
Aspek
yang diobservasi
|
Alternatif
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak pernah
|
|
1.
Datang terlambat
|
|
|||
2.
Datang sendirian
|
|
|||
3.
Datang bersama kawannya
|
|
|||
4.
Pakaian rapi
|
|
|||
5.
Datang dengan semangat
|
|
|||
6.
Datang terus belajar
|
|
|||
Komentar Observer : .....................................................................................................
Observer: ........................
|
6.
Skala Penilaian Grafis
Aspek yang diobservasi : kegiatan murid dalam kelas.
Nama :
................., kelas ................, mapel ..................
1. Minat Belajar
2. Pengajuan Pertanyaan
3. Pekerjaan Rumah
4. Kehadiran di Kelas
Komentar/Kesimpulan:
...................................................................................................
Observer,
.........................
0 komentar:
Posting Komentar