Minggu, 03 Februari 2013

Angket



1. Angket Tertulis
            Alat ini memuat sejumlah item atau pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara tertulis. Dengan mengisi angket ini siswa memberikan keterangan tentang sejumlah hal yang relevan bagi keperluan bimbingan, seperti tentang keterangan keluarga, kesehatan jasmani, riwayat pendidikan sekolah, pengalaman belajar disekolah dan dirumah, pergaulan sosial, rencana pendidikan lanjutan, kegiatan diluar sekolah, hobi dan kesulitan yang mungkin dihadapi. Berikut ini disajikan contoh naskah angket:   
    A.    IDENTITAS SISWA

1.      Nama lengkap                         :...........................................
2.      Nama panggilan                      :........................kelas:..................
3.      Agama                                     :.......................................
4.      Tempat  dan tanggal lahir       :.....................................................
5.      Kewarganegaraan                   : a. WNI pribumi         b. WNI keturunan
 c. WNA
6.      Alamat                                    :..................................................
....................... telp.........................
Ini berarti bahwa  siswa  yang bersangkutan tinggal di:
a.       Rumah orang tua sendiri         d. asrama
b.      Rumah orang tua angkat         e pondokan/tempat kos
c.       Rumah saudara/famili             f. Rumah atau kamar sewah
(bagi mereka yang berasal dari luar kota /daerah)
7.      Sekolah asal                            :..................................................
Alamat sekolah                       :..................................
Propinsi                                   :...................................................
Status/jenjang akreditasi         : negeri/disamakan/diakui/terdaftar
                                                (coret yang tidak perlu)
8.      Keadaan kesehatan
a.       Apakah saat ini anda merasa lemah badan, sering merasa pusing, sering sakit perut, dan sebagainya?
a)      Ya                   b) tidak
b.      Apakah anda  pernah menderita sakit keras?
a)      Ya; menderita sakit.............. pada tahun.......
b)      tidak
c.       apakah anda pernah mengalami kecelakaan?
a)      Ya; kecelakaan.............. pada tahun.......
b)     tidak

x) untuk tempat lahir sebutkan nama kota kabupaten/kotamadya





     B.     DATA KELUARGA DAN TEMPAT  TINGGAL
Uraian
Ayah kandung
Ibu kandung
wali
1.      a.nama
b. alamat/ telepon rumah
c. kewarganegaraan
d. umur
e. pendidikan terakhir
f. agama
g. pekerjaaan
h. alamat/telepon tempat bekerja





2.      saya adalah anak ke.........dari.............orang bersaudara yang terdiri atas...........orang lelaki dan.............perempuan(tidak perlu diperhitungkan mereka yang sudah meninggal).
Kedudukan saya sebagai anak kandung /angkat/ tiri(coret yang tidak perlu).
Dari jumlah anak tersebut yang masih menjadi tanggungan orang tua saya adalah............ orang.
3.      Saudara kandung yang bersekolah diluar negeri sebanyak............. orang, yaitu di...........
4.      a.   apakah ayah kandung anda masih hidup?
a)                   Ya                               b) tidak
(bila sudah meninggal, apakah ada ayah tiri?)
a)                   Ya                               b) tidak
b. apakah ibu kandung anda masih hidup?
a)         Ya                              b) tidak
(bila sudah meninggal, apakah ada ibu tiri?)
a)               Ya                            b) tidak
5.      Selain  ayah, ibu dan anak-anak, apakah ada orang lain yang turut tinggal dirumah orang tua anda?
a.       Ya: yaitu:
a) Nenek/kakek                       d) saudara lain
b) Bibi/ paman                         e) pembantu rumah
c) Keluarga kakek                   f) siswa / mahasiswa pemondok
Dari yang diligkari di atas, ..............orang menjadi tanggungan orang tua saya.
b.      tidak
6.      fasilitas apa yang tersedia ditempat tinggal anda selama anda belajar di SMA  ini? (boleh melingkari lebih dari satu jawaban)
a.       listrik / lampu pompa/ lampu minyak              i. . Ruang tamu
b.      air dari PAM                                                   j. Meja belajar
c.       sumur                                                              k.  Jam dinding
d.      koran/majalah/ bacaan ringan                          l. Kamar belajar bersama
e.       pesawat TV                                                     m. Meja belajar sendiri
f.       video cassete recorder                                     n. kalender
g.      tape recorder                                                   o. Kendaraan roda dua/ roda
h.      Pesawat radio                                                      empat
7.      a. Apakah ayah anda sering bepergian dalam jangka waktu yang agak lama?
a). Ya                                          b) Tidak         
b. Apakah ibu anda sering bepergian dalam jangka waktu yang agak lama?
a). Ya                                          b) Tidak         
c.  Bagaimana perasaan anda tinggal bersama keluarga di rumah
a) senang/ tentram, sebab.......................
b) kurang senang/ tentram, sebab.......................
8.      a. Siapakah yang menjadi kepala rumah tangga dalam keluarga anda?
a)      Ayah
b)      Ibu
c)      ...............
b. apakah dalam keluarga anda yang kini sedang sakit keras/ lama menderita sakit       dan tak ada harapan untuk sembuh?
a) Ya
b) Tidak
c. apakah ada hal-hal lain yang menyangkut suasana rumah yang perlu anda beritahukan di sini?
a) Ya yaitu.................
b)  Tidak
C. RIWAYAT SEKOLAH
1.
Uraian
Taman kanak-kanak
Sekolah Dasar
Sekolah Menengah Pertama
a.       Masuk Tahun
b.      Tamat tahun
c.       Tempat sekolah
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
..................................
............................
............................
............................

2. pernakah Anda tidak naik kelas?
a. Ya;...... kali, yakni ketika saya duduk di kelas ........ tahun..........
b. Tidak
3. pernakah Anda tidak lulus ujian?
a. Ya;...... kali, yakni ketika saya duduk di kelas ........ tahun..........
               b. Tidak
4. Perrnakah Anda mengalami kesulitan besar sewaktu masih duduk di SD/SLTP?
a. Ya; kesulitan itu adalah............................................................
b. Tidak

D. DATA PENDIDIKAN
1. Apakah alasan / pertimbangan Anda belajar di SMA ini?
( boleh melingkari lebih dari satu jawaban)
a.       Persiapan masuk PT                                        f. Ingin belajar di sekolah
b.      Memperoleh pendidikan SLTA                      berdasarkan agama
c.       Memenuhi ajakan teman                                 g. Daripada tidak sekolah
d.      Ingin belajar di sekolah                                   h. Saya tidak tahu
e.       Memenuhi keinginan orang tua
2. apakah cita-cita Anda setamat SMA nanti?
a. Melanjutkan belajar ke lembaga pendidikan yang lebih tinggi
b. Mengikuti kursus-kursus keterampilan
c. Mencari pekerjaan
d. Berumah tangga
e. Saya belum tahu
3. Menurut pendapat Anda, kesulitan apa yang mungkin dapat menjadi penghambat tercapainya cita-cita itu?
a. Tidak disetujui orang tua
b. Tidak ada biaya
c. Suasana keluarga yang kacau
d. Kemampuan berpikir kurang
e. ..............................................

E. DATA TENTANG KEGIATAN DAN PERMASALAHAN
1. Mata pelajaran apa yang Anda rasa sangat menarik?
a. .................................., sebab ........................................
b. ..................................., sebab .......................................
c. ...................................., sebab ......................................
2. Mata pelajaran apa yang menurut Anda sulit difahami/ tidak Anda sukai?
a. ......................................, sebab ......................................
b. ......................................., sebab .....................................
c. ........................................, sebab .....................................
3. Disamping kegiatan intrakurikuler, bidang kegiatan ekstrakurikuler apa sajakah yang ingin Anda ikuti SMA  ini?  (Boleh melingkari lebih dari satu jawaban)
a. Bola basket                                                        h. Seni karawitan
b. Bola voli                                                            i. Seni musik
c. Renang                                                              j. Majalah mesra
d. Bulu tangkis                                                      k. PKS
e. Tenis meja                                                         l. Komputer
f.  Drumband                                                          m. .............................
g.  Drama
4.  Pernahkah Anda meraih kejuaraan dan / atau menerima penghargaan dalam bidang kegiatan semacam tersebut di atas, sewaktu duduk di SD/ SLTP?
a. Ya; sebagai juara ke................................. dalam bidang ...................
b. Ya; sebagai penerima tanda penghargaan bidang ............................
c. Tidak
5. Apkah Anda merasakan adanya kesulitan/ gangguan yang dapat menghambat kelancaran belajar Anda di dalam kelas?
a. Ya; kesulitan itu terutama disebabkan oleh:
      a) Sulit bergaul                                                j) Sering mengantuk
      b) Tidak mempunyai teman akrab                   k) Pendengaran/penglihatan agak
      c) Merasa terasing                                           terganggu
      d) tidak merasa kerasan di kelas                     l) Sering merasa pusing
      akibat adanya kelompok-kelompok                m) Kesulitan ekonomi rumah 
tertentu                                                            tangga orangtua                     
e)      Persaingan tidak sehat antar-                    n) Sering sakit perut               
teman                                                              o) Merasa rendah diri
f)       Konflik dengan teman                              p) Tidak mengetahui cara belajar
g)      Konflik dengan guru                                 yang baik
h)      Sulit berkonsentrasi                                   q) ...............................................
i)        Suasana kelas yang gaduh

b.      Tidak
6. Apakah Anda mempunyai tugas/jabatan tertentu di kelas/ sekolah?
a. Ya; sebagai ........................................
b. Tidak
7. Sarana transportasi apakah yang Anda pergunakan untuk berangkat/pulang ke/ dari sekolah?
a. Menggunakan:
      a) Kendaraan umum                                                    d) Mobil keluarga
      b) Sepeda                                                                    e) Becak
      c) Sepeda motor                                                          f) Mobil asrama
8. Apakah peralatan sekolah Anda terasa cukup?
a. Ya
b. Tidak; sebab ............................
9. Apakah Anda mengalami kesulitan dalam membayar SPP?
a. Ya; sebab .............................................................................
b. Tidak
10. Berapakah rata-rata uang saku (di luar uang SPP, transpor, pondokan) yang Anda terima dari ayah/ibu setiap bulannya?
a. Kurang dari Rp 10.000,00
b. Antara Rp 10.000,00 – Rp 20.000,00
c. Antara Rp 20.000,00 – Rp 30.000,00
d. Di atas Rp 30.000,00
e. Tidak menentu
11. Apakah Anda sering tidak masuk sekolah?
a. Ya; sebab .....................................................
b. Tidak
12. apakah Anda mengikuti les privat?
        a. Ya; untuk vak ..............................................
        b.  Tidak
13. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setiap surat bagi siswa yang dialamatkan ke sekolah akan disensor oleh petugas BP. Kalau selama ini Anda menggunakan alamat sekolah untuk surat-surat Anda, apakah dengan adanya peraturan ini Anda akan tetap menggunakan alamat sekolah untuk keperluan tersebut?
                    a. Ya; sebab ..........................................................................................................
                   b. Tidak; saya akan menggunakan alamat lain sebab ...........................................

F. TENTANG KEHIDUPAN DAN BELAJAR DI RUMAH
1. a. Kapan biasanya Anda belajar di luar jam sekolah?
       a) Pagi hari, pk. .......................... – pk. .............................
       b) Siang hari, pk. ........................ – pk. .............................
       c) Sore hari pk. .......................... – pk. ..............................
       d) Malam hari, pk. ..................... – pk. .............................
     b. Saya belajar rata-rata ...... jam setiap harinya
2. Apakah Anda dapat belajar dengan tenang setiap harinya?
       a. Ya
       b. Tidak, sebab ...................................................................
3. Apakah ada yang membantu sewaktu Anda belajar?
       a. Ya; yaitu ...........................................................................
       b. Tidak
4. Bagaimanakah penilaian Anda terhadap kondisi ruang belajar di tempat tinggal Anda yang kini Anda pergunakan?
       a. Sangat baik                                                                   c. Cukup baik
       b. Baik                                                                              d. Kurang baik
5. Bagaimanakah suasana lingkungan di sekitar tempat Anda tinggal?
       a. Sangat tenang                                                               c. Gaduh
       b. Cukup tenang                                                               d. Sangat gaduh
6. Apakah Anda mempunyai teman/ kelompok belajar?
       a. Ya                                                                                 b. Tidak
7. Apakah Anda mempunyai tugas tetap setiap harinya di tempat tinggal Anda?
       a. Ya; yaitu ....................................................................................................
       b. Tidak
8. Apakah Anda mengalami gangguan tertentu dalam belajar?
       a. Ya; yaitu ....................................................................................................
       b. Tidak
9. Apakah Anda mempunyai hobi?
       a. Ya; yaitu .....................................................................................................
       b. Tidak
10. Apakah waktu-waktu senggang di sela-sela kesibukan Anda sebagai pelajar, Anda isi dengan kegiatan-kegiatan tertentu?
       a. Ya; yaitu .........................................................................................................
       b. Tidak
11. Apakah Anda menjadi anggota/ pengurus suatu organisasi di luar sekolah?
       a. Ya; yaitu .........................................................................................................
       b. Tidak
12. Apakah Anda mempunyai teman bermain di rumah?
       a. Ya
       b. Tidak
13. Apakah Anda gemar berolahraga?
       a. Ya; dalam cabang ................................
       b. Tidak
       Kalau Anda menjawab Ya, apakah pernah meraih kejuaraan dalam cabang olahraga tersebut?
a.       Ya; sebagai juara ke ..... dalam cabang olahraga ..............dalam rangka .................. pada tahun ..............
b.      Tidak
14. Apakah Anda gemar menonton film?
       a. Ya; film-film yang bertemakan:
            a) Perang                                                         d) Drama
            b) Horor                                                          e) Komedi                  
            c) Cinta                                                           f) Sejarah (Boleh lebih dari satu)
15. Apakah Anda suka menonton TV?
       a. Ya; selama ..... menit, biasanya dari pk. ........... sampai pk. ...........
       b. Tidak
16. Apakah Anda mempunyai teman pria yang akrab/ pacar?
       a. Ya
       b. Pernah
       c. Tidak
17. a. Bagaimana hubungan Anda dengan ayah Anda, menurut perasaan Anda    sendiri?
            a) Dekat; sebab ........................................................................................
            b) Tidak dekat; sebab ...............................................................................
       b. Bagaimana hubungan Anda dengan ibu Anda, menurut perasaan Anda sendiri?
             a) Dekat; sebab ........................................................................................
             b) Tidak dekat; sebab ...............................................................................
18. Apakah Anda mempunyai hubungan dekat dengan seseorang?
         a. Ya, saya merasakan adanya ikatan batin yang sangat dekat dengan ..................
         b. Tidak
                                                                                               
                                                                        surabaya.........................  ,2012
                                                                        Diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya
                                                                                                            ttd.

                                                                                                      ________________
                                                                                                Nama terang   





2. Wawancara Informasi
            Wawancara informasi adalah alat pengumpul data untuk memperoleh data dan informasi dari siswa secara lisan. Berlangsunglah pertemuan tatap muka antara petugas bimbingan (interviewer) dan siswa tertentu (interviewee).[1] Selama pertemuan itu petugas bimbingan mengajukan pertanyaan, minta penjelasan atas berbagai jawaban yang diberikan, dan membuat catatan mengenai hal-hal yang diungkapkan kepadanya. Siswa menjawab pertanyaan, mengungkapkan pikiran dan perasaan, minta penjelasan atas pertanyaan, dan mungkin menolak/ menghindari memberikan jawaban atas pertanyaan yang dianggap tabu.      Berpegang pada urutan fase dalam wawancara. Pada fase pembukaan diusahakan menciptakan suasana yang cukup rileks dan diberikan penjelasan kepada siswa tentang maksud wawancara.
(  a)    Menunjukkan sikap yang serasi; berarti tidak berlagak sebagai petugas kehakiman, tidak bersikap menggurui dan tidak menampakkan sikap keheranan atas jawaban tertentu.
 ( b)   Merumuskan pertanyaan dalam corak bahasa yang jelas dan mudah ditangkap, dengan menghindari istilah terlalu teknis dan bahasa asing.
( c)    Tidak memaksa-maksa siswa yang sulit berbicara atau lambat dalam menjawab untuk memberikan penjelasan panjang lebar.
(  d)   Membatasi lamanya wawancara; lebih kurang 45 menit biasanya sudah cukup.
(  e)    Menghindari perumusan pertanyaan sugestif, yang memberikan indikasi terselubung mengenai jawaban yang ideal atau cenderung mengorek jawaban tertentu demi memberikan kesan yang baik.
(  f)    Berwaspadalah terhadap kemungkinan, bahwa informasi yang diberikan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau siswa menghindari jawaban yang terbuka terhadap pertanyaan tertentu.
  (g)   Minta izin kepada siswa untuk membuat catatan seperlunya. Namun, lebih baik tidak membuat terlalu banyak catatan selama wawancara berlangsung; catatan yang belum utuh dapat dilengkapi setelah siswa meninggalkan ruang.


4.  Anekdota
Anekdota (anecdotal record) merupakan laporan singkat tentang perilaku seseorang siswa dan memuat deskripsi obyektif tentang tingkah laku siswa pada saat tertentu. Deskripsi itu seolah-olah merupakan pengambilan foto dalam bentuk kata-kata. Yang dideskripsikan adalah suatu perbuatan siswa yang berupa ucapan kata-kata yang didengar dan/atau  tindakan yang disaksikan, berdasarkan observasi langsung terhadap  kata-kata dan/atau tindakan itu.[2]
5.  Skala Penilaian
Skala  penilaian (rating scale) merupakan sebuah daftar yang menyajikan sejumlah sifat atau sikap sebagai butir atau item. Penilaian diberikan berdasarkan observasi spontan terhadap prilaku orang lain, yang berlangsung dalam bergaul dan berkomunikasi sosial dengan orang itu selama priode waktu tertentu. Pengamat tidak menyusun sendiri suatu deskripsi tentang prilaku orang lain, tetapi memilih diantara tingkat gradasi yang disajikan pada masing-masing butir dalam skala penilaian. Karena ciri khas itu, maka alat pengumpul data ini disebut skala penilaian.[3]
Tipe skala penilaian, antara lain:
a.       Skala numerik. Skala ini menggunakan rentetan angka (skor) untuk menunjukkan gradasi, disertai penjelasan singkat pada masing-masing angka. Misalnya, butir yang berbunyi: bagaiman penilaian Anda terhadap antusiasme dalam belajar?
Apatis

(1)
Jarang antusias
(2)
Sering-sering antusias
(3)
Biasanya antusias
(4)
Penuh kegairahan
(5)

b.      Skala penilaian grafis. Skala ini menggunakan garis sebagai kontinum. Titik gradasi ditunjuk pada garis itu dengan menyajiakan rangkaian deskripsi singkat di bawah garisnya. Pengamat memberikan silang di garis pada tempat yang sesuai dengan gradasi yang dipilih. Misal, butir yang berbunyi:
Kerelaan untuk bekerja sama dengan teman-teman sekelas
Menolak kerjasama dan suka bertengkar
Sukar kerjasama, namun kadang-kadang mau
Biasanya bersedia kerjasama jika diajak
Kerap menawarkan kerja sama
Antusias mencari kesempatan kerja sama

c.       Daftar cek. Bentuk skala ini obyektif dengan tipe pilihan berganda. Pada masing-masing sifat atau sikap yang harus dinilai, disajikan empat atau limavpilihan dengan deskripsi singkat pada masing-masing pilihan. Pengamat memberikan tanda cek pada pilihan tertentu di ruang yang disediakan. Misalnya, dua butir yang berbunyi:
Perhatian terhadap teman di kelas

Sejauh mana menunjukkan perhatian yang tulus terhadap hak dan perasaan teman?:
-         Selalu menunjukkan perhatian
-         Biasanya menunjukkan perhatian
-         Bertindak sopan, tetapi tidak sungguh-sungguh memperhatikan
-         Kadang-kadang menunjukkan perhatian
-         Tidak memperhatikan dan bertindak kasar
       (--Tidak sempat mengamati)
Keakrraban dalam pergaulan dengan teman sekelas

Sejauh mana siswa menunjukkan keakraban dalam bergaul dengan siswa sekelas, dilihat dari segi jumlah siswa yang menjadi teman akrab?
-         Akrab dengan semua teman
-         Akrab dengan sebagian besar teman
-         Akrab dengan sebagian kecil teman
-         Hanya akrab dengan satu dua teman
    (-- tidak sempat mengobservasi)



6.  Sosiometri
Sosiometri merupakan suatu metode untuk memperoleh data tentang jaringan hubungan sosial dalam suatu kelompok, yang berukuran kecil sampai sedang (10-50 orang), berdasarkan preferensi antara anggota kelompok satu sama lain.[4] Yang diselidiki melalui metode ini adalah status sosial masing-masing anggota kelompok menurut pandangan pribadi anggota yang lain dalam kelompok. Alat atau instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah angket sosiometri atau tes sosiometri,yang memuat beberapa butir atau item tentang preferensi individual yang harus dijawab oleh masing-masing anggota dalam kelompok, dengan menyatakan kesukaannya berada bersama siapa dalam melakukan kegiatan tertentuatau perasaannya sendiri terhadap peserta lain dalam kelompok. Tes sosiometri ada dua macam, yaitu tes yang mengharuskan untuk memilih beberapa teman dalam kelompok sebagai pernyataan kesukaan untuk melakukan kegiatan tertentu (criterium) bersama dengan sosok teman yang dipilih, dan tes yang mengharuskan menyatakan kesukaannya atau ketidaksukaannya terhadap teman-teman dalam kelompok pada umumnya.
                        Ciri-ciri khas penggunaan angket sosiometri, yang terikat pada situasi pergaulan sosial atau kriterium tertentu adalah:
a.       Dijelaskan kepada siswa yang tergabung dalam suatu kelompok, misalnya satu kelas, bahwa akan dibentuk kelompok-kelompok lebih kecil (4-6 orang) dalam rangka mengadakan kegiatan tertentu.
b.      Setiap siswa diminta untuk menulis pada blanko yang disediakan nama beberapa teman dalam kelompok, dengan siapa dia ingin dan lebih suka melakukan kegiatan itu.
c.       Setiap siswa dalam kelompok menangkap dengan jelas kegiatan apa yang dimaksud, dan mengetahui bahwa kegiatan itu terbuka bagi semua.
d.      Pilihan-pilihanyang ditulis pada lembar jawaban tidak diberitahukan satu sama lain dan juga tidak diumumkan oleh tenaga pendidik yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tes dan pembentukan beberapa kelompok.
e.       Biasanya siswa diminta untuk menyatakan siapa yang mereka pilih, bukan siapa yang tidak mereka pilih, dalam urutan tidak begitu disukai, kurang disukai, tidak disukai sama sekali.
f.       Tenaga pendidik yang dapat menerapkan tes ini adalah guru bidang studi, wali kelas, dan tenaga ahli bimbingan, tergantung dari kegiatan yang akan dilakukan.[5]
Setelah lembar jawaban yang berisikan nama pemilih dan nama-nama teman yang dipilih, diserahkan kepada seorang tenaga pendidik yang bertanggung jawab. Data hasil penyebaran angket diolah tanpa disaksikan siswa. Cara mengolah data ada tiga, yaitu mengadakan analisa indeks, menyusun tabel atau membuat sosiogram.
7.   Kunjungan Rumah
Kunjungan rumah bertujuan yang pertama untuk memperoleh berbagai keterangan (data) yang diperlukan dalam pemahaman lingkungan dan permasalahan siswa, dan kedua untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan siswa.
8.Kartu Pribadi
Kartu pribadi merupakan aplikasi dari penyusunan suatu arsip yang memuat data penting tentang seseorang. dikenal dengan cumulative record, yaitu seri catatan yang disusun secara kronologis dan semakin bertambah luas karena penambahan data secara kontinu.
  
9.      Studi Kasus
Studi kasus dalam rangka pelayanan bimbingan merupakan metode untuk mempelajari keadaan dan perkembangan seorang siswa secara lengkap dan mendalam, dengan tujuan memahami individualis siswa dengan lebih baik dan membantunya dalam perkembangan selanjutnya. Studi kasus (case study) berbeda dengan studi riwayat hidup (case history), karena yang terakhir hanya merupakan pengumpulan data tentang riwayat hidup seorang siswa dalam berbagai aspek kehidupannya, sedangkan studi kasus mengandung pula analisis terhadap hubungan antara data yang terkumpul, disertai interpretasi dan rekomendasi tentang tindak lanjut. Maka, studi kasus mencakup studi riwayat hidup.


[1]Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Yogyakarta; Media Abadi, 2004, h. 284
[2] Ibid, 289
[3] Ibid, 293
[4] Ibid, 297
[5] Ibid, 299

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates