1. Angket Tertulis
Alat ini memuat sejumlah item atau
pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara tertulis. Dengan mengisi angket
ini siswa memberikan keterangan tentang sejumlah hal yang relevan bagi
keperluan bimbingan, seperti tentang keterangan keluarga, kesehatan jasmani,
riwayat pendidikan sekolah, pengalaman belajar disekolah dan dirumah, pergaulan
sosial, rencana pendidikan lanjutan, kegiatan diluar sekolah, hobi dan
kesulitan yang mungkin dihadapi. Berikut ini disajikan contoh naskah angket:
A.
IDENTITAS SISWA
1.
Nama lengkap :...........................................
2.
Nama panggilan :........................kelas:..................
3.
Agama :.......................................
4.
Tempat dan tanggal
lahir :.....................................................
5.
Kewarganegaraan :
a. WNI pribumi b. WNI keturunan
c. WNA
6.
Alamat :..................................................
.......................
telp.........................
Ini
berarti bahwa siswa yang bersangkutan tinggal di:
a.
Rumah orang tua sendiri d.
asrama
b.
Rumah orang tua angkat e
pondokan/tempat kos
c.
Rumah saudara/famili f.
Rumah atau kamar sewah
(bagi mereka yang berasal dari luar
kota /daerah)
7.
Sekolah asal :..................................................
Alamat
sekolah :..................................
Propinsi :...................................................
Status/jenjang
akreditasi :
negeri/disamakan/diakui/terdaftar
(coret
yang tidak perlu)
8.
Keadaan kesehatan
a.
Apakah saat ini anda merasa lemah badan, sering merasa
pusing, sering sakit perut, dan sebagainya?
a)
Ya b)
tidak
b.
Apakah anda pernah
menderita sakit keras?
a)
Ya; menderita sakit.............. pada tahun.......
b)
tidak
c.
apakah anda pernah mengalami kecelakaan?
a)
Ya;
kecelakaan.............. pada tahun.......
b)
tidak
x)
untuk tempat lahir sebutkan nama kota kabupaten/kotamadya
B.
DATA KELUARGA DAN TEMPAT
TINGGAL
Uraian
|
Ayah kandung
|
Ibu kandung
|
wali
|
1.
a.nama
b.
alamat/ telepon rumah
c.
kewarganegaraan
d.
umur
e.
pendidikan terakhir
f.
agama
g.
pekerjaaan
h.
alamat/telepon tempat bekerja
|
2.
saya adalah anak ke.........dari.............orang
bersaudara yang terdiri atas...........orang lelaki
dan.............perempuan(tidak perlu diperhitungkan mereka yang sudah
meninggal).
Kedudukan
saya sebagai anak kandung /angkat/ tiri(coret yang tidak perlu).
Dari
jumlah anak tersebut yang masih menjadi tanggungan orang tua saya
adalah............ orang.
3.
Saudara kandung yang bersekolah diluar negeri
sebanyak............. orang, yaitu di...........
4.
a. apakah ayah
kandung anda masih hidup?
a)
Ya b)
tidak
(bila sudah meninggal, apakah ada ayah
tiri?)
a)
Ya b)
tidak
b. apakah ibu kandung anda masih hidup?
a)
Ya b) tidak
(bila sudah meninggal, apakah ada ibu
tiri?)
a)
Ya b) tidak
5.
Selain ayah, ibu dan
anak-anak, apakah ada orang lain yang turut tinggal dirumah orang tua anda?
a.
Ya: yaitu:
a)
Nenek/kakek d)
saudara lain
b)
Bibi/ paman e) pembantu rumah
c)
Keluarga kakek f) siswa
/ mahasiswa pemondok
Dari
yang diligkari di atas, ..............orang menjadi tanggungan orang tua saya.
b.
tidak
6.
fasilitas apa yang tersedia ditempat tinggal anda selama
anda belajar di SMA ini? (boleh
melingkari lebih dari satu jawaban)
a.
listrik / lampu pompa/ lampu minyak i. . Ruang tamu
b.
air dari PAM j.
Meja belajar
c.
sumur k.
Jam dinding
d.
koran/majalah/ bacaan ringan l.
Kamar belajar bersama
e.
pesawat TV m.
Meja belajar sendiri
f.
video cassete recorder n.
kalender
g.
tape recorder o.
Kendaraan roda dua/ roda
h.
Pesawat radio empat
7.
a. Apakah ayah anda sering bepergian dalam jangka waktu yang
agak lama?
a). Ya b) Tidak
b. Apakah
ibu anda sering bepergian dalam jangka waktu yang agak lama?
a). Ya b) Tidak
c.
Bagaimana perasaan anda tinggal bersama keluarga di rumah
a) senang/ tentram,
sebab.......................
b) kurang senang/ tentram,
sebab.......................
8.
a. Siapakah yang menjadi kepala rumah tangga dalam keluarga
anda?
a)
Ayah
b)
Ibu
c)
...............
b. apakah dalam keluarga anda yang kini
sedang sakit keras/ lama menderita sakit
dan tak ada harapan untuk sembuh?
a) Ya
b) Tidak
c. apakah ada hal-hal lain yang
menyangkut suasana rumah yang perlu anda beritahukan di sini?
a) Ya yaitu.................
b)
Tidak
C. RIWAYAT SEKOLAH
1.
Uraian
|
Taman kanak-kanak
|
Sekolah Dasar
|
Sekolah Menengah Pertama
|
a.
Masuk Tahun
b.
Tamat tahun
c.
Tempat sekolah
|
..................................
..................................
..................................
|
..................................
..................................
..................................
|
............................
............................
............................
|
2. pernakah Anda tidak naik kelas?
a. Ya;...... kali, yakni ketika saya
duduk di kelas ........ tahun..........
b. Tidak
3. pernakah Anda tidak lulus ujian?
a. Ya;...... kali, yakni ketika saya
duduk di kelas ........ tahun..........
b.
Tidak
4. Perrnakah Anda mengalami kesulitan
besar sewaktu masih duduk di SD/SLTP?
a. Ya; kesulitan itu
adalah............................................................
b. Tidak
D. DATA PENDIDIKAN
1. Apakah alasan / pertimbangan Anda
belajar di SMA ini?
( boleh melingkari lebih dari satu
jawaban)
a.
Persiapan masuk PT f. Ingin belajar di sekolah
b.
Memperoleh pendidikan SLTA berdasarkan agama
c.
Memenuhi ajakan teman g.
Daripada tidak sekolah
d.
Ingin belajar di sekolah h.
Saya tidak tahu
e.
Memenuhi keinginan orang tua
2. apakah cita-cita Anda setamat SMA
nanti?
a. Melanjutkan belajar ke lembaga
pendidikan yang lebih tinggi
b. Mengikuti kursus-kursus keterampilan
c. Mencari pekerjaan
d. Berumah tangga
e. Saya belum tahu
3. Menurut pendapat Anda, kesulitan apa
yang mungkin dapat menjadi penghambat tercapainya cita-cita itu?
a. Tidak disetujui orang tua
b. Tidak ada biaya
c. Suasana keluarga yang kacau
d. Kemampuan berpikir kurang
e.
..............................................
E. DATA TENTANG KEGIATAN DAN
PERMASALAHAN
1. Mata pelajaran apa yang Anda rasa
sangat menarik?
a. ..................................,
sebab ........................................
b. ...................................,
sebab .......................................
c.
...................................., sebab
......................................
2. Mata pelajaran apa yang menurut Anda
sulit difahami/ tidak Anda sukai?
a.
......................................, sebab
......................................
b.
......................................., sebab
.....................................
c. ........................................,
sebab .....................................
3. Disamping kegiatan intrakurikuler,
bidang kegiatan ekstrakurikuler apa sajakah yang ingin Anda ikuti SMA ini?
(Boleh melingkari lebih dari satu jawaban)
a. Bola basket h. Seni
karawitan
b. Bola voli i. Seni
musik
c. Renang j.
Majalah mesra
d. Bulu tangkis k. PKS
e. Tenis meja l. Komputer
f. Drumband m.
.............................
g. Drama
4.
Pernahkah Anda meraih kejuaraan dan / atau menerima penghargaan dalam
bidang kegiatan semacam tersebut di atas, sewaktu duduk di SD/ SLTP?
a. Ya; sebagai juara
ke................................. dalam bidang ...................
b. Ya; sebagai penerima tanda
penghargaan bidang ............................
c. Tidak
5. Apkah Anda merasakan adanya
kesulitan/ gangguan yang dapat menghambat kelancaran belajar Anda di dalam
kelas?
a. Ya; kesulitan itu terutama
disebabkan oleh:
a)
Sulit bergaul j)
Sering mengantuk
b)
Tidak mempunyai teman akrab k)
Pendengaran/penglihatan agak
c)
Merasa terasing terganggu
d)
tidak merasa kerasan di kelas l)
Sering merasa pusing
akibat
adanya kelompok-kelompok m)
Kesulitan ekonomi rumah
tertentu tangga orangtua
e)
Persaingan tidak sehat antar- n) Sering sakit perut
teman o) Merasa rendah diri
f) Konflik dengan teman p) Tidak
mengetahui cara belajar
g) Konflik dengan guru yang baik
h) Sulit berkonsentrasi q)
...............................................
i)
Suasana kelas yang gaduh
b.
Tidak
6. Apakah Anda mempunyai tugas/jabatan tertentu
di kelas/ sekolah?
a. Ya; sebagai
........................................
b. Tidak
7. Sarana transportasi apakah yang Anda
pergunakan untuk berangkat/pulang ke/ dari sekolah?
a. Menggunakan:
a)
Kendaraan umum d)
Mobil keluarga
b)
Sepeda e) Becak
c)
Sepeda motor f)
Mobil asrama
8. Apakah peralatan sekolah Anda terasa
cukup?
a. Ya
b. Tidak; sebab
............................
9. Apakah Anda mengalami kesulitan
dalam membayar SPP?
a. Ya; sebab
.............................................................................
b. Tidak
10. Berapakah rata-rata uang saku (di
luar uang SPP, transpor, pondokan) yang Anda terima dari ayah/ibu setiap
bulannya?
a. Kurang dari Rp 10.000,00
b. Antara Rp 10.000,00 – Rp 20.000,00
c. Antara Rp 20.000,00 – Rp 30.000,00
d. Di atas Rp 30.000,00
e. Tidak menentu
11. Apakah Anda sering tidak masuk
sekolah?
a. Ya; sebab
.....................................................
b. Tidak
12. apakah Anda mengikuti les privat?
a. Ya; untuk vak ..............................................
b. Tidak
13. Demi menghindari hal-hal yang tidak
diinginkan setiap surat bagi siswa yang dialamatkan ke sekolah akan disensor
oleh petugas BP. Kalau selama ini Anda menggunakan alamat sekolah untuk
surat-surat Anda, apakah dengan adanya peraturan ini Anda akan tetap
menggunakan alamat sekolah untuk keperluan tersebut?
a. Ya; sebab
..........................................................................................................
b.
Tidak; saya akan menggunakan alamat lain sebab
...........................................
F. TENTANG KEHIDUPAN DAN BELAJAR DI
RUMAH
1. a. Kapan biasanya Anda belajar di
luar jam sekolah?
a)
Pagi hari, pk. .......................... – pk. .............................
b)
Siang hari, pk. ........................ – pk. .............................
c)
Sore hari pk. .......................... – pk. ..............................
d)
Malam hari, pk. ..................... – pk. .............................
b. Saya belajar rata-rata ...... jam setiap harinya
2. Apakah Anda dapat belajar dengan
tenang setiap harinya?
a.
Ya
b.
Tidak, sebab
...................................................................
3. Apakah ada yang membantu sewaktu
Anda belajar?
a.
Ya; yaitu
...........................................................................
b.
Tidak
4. Bagaimanakah penilaian Anda terhadap
kondisi ruang belajar di tempat tinggal Anda yang kini Anda pergunakan?
a.
Sangat baik c.
Cukup baik
b.
Baik d.
Kurang baik
5. Bagaimanakah suasana lingkungan di
sekitar tempat Anda tinggal?
a.
Sangat tenang c.
Gaduh
b.
Cukup tenang d.
Sangat gaduh
6. Apakah Anda mempunyai teman/
kelompok belajar?
a.
Ya b.
Tidak
7. Apakah Anda mempunyai tugas tetap
setiap harinya di tempat tinggal Anda?
a.
Ya; yaitu
....................................................................................................
b.
Tidak
8. Apakah Anda mengalami gangguan
tertentu dalam belajar?
a.
Ya; yaitu
....................................................................................................
b.
Tidak
9. Apakah Anda mempunyai hobi?
a.
Ya; yaitu
.....................................................................................................
b.
Tidak
10. Apakah waktu-waktu senggang di
sela-sela kesibukan Anda sebagai pelajar, Anda isi dengan kegiatan-kegiatan
tertentu?
a.
Ya; yaitu
.........................................................................................................
b.
Tidak
11. Apakah Anda menjadi anggota/
pengurus suatu organisasi di luar sekolah?
a.
Ya; yaitu
.........................................................................................................
b.
Tidak
12. Apakah Anda mempunyai teman bermain
di rumah?
a.
Ya
b.
Tidak
13. Apakah Anda gemar berolahraga?
a.
Ya; dalam cabang ................................
b.
Tidak
Kalau Anda menjawab Ya, apakah pernah
meraih kejuaraan dalam cabang olahraga tersebut?
a. Ya; sebagai juara ke ..... dalam cabang
olahraga ..............dalam rangka .................. pada tahun
..............
b.
Tidak
14. Apakah Anda gemar menonton film?
a.
Ya; film-film yang bertemakan:
a)
Perang d)
Drama
b)
Horor e)
Komedi
c)
Cinta f)
Sejarah (Boleh lebih dari satu)
15. Apakah Anda suka menonton TV?
a.
Ya; selama ..... menit, biasanya dari pk. ........... sampai pk. ...........
b.
Tidak
16. Apakah Anda mempunyai teman pria
yang akrab/ pacar?
a.
Ya
b.
Pernah
c.
Tidak
17. a. Bagaimana hubungan Anda dengan
ayah Anda, menurut perasaan Anda
sendiri?
a)
Dekat; sebab
........................................................................................
b)
Tidak dekat; sebab
...............................................................................
b. Bagaimana hubungan Anda dengan ibu Anda, menurut perasaan Anda
sendiri?
a) Dekat; sebab
........................................................................................
b) Tidak dekat; sebab
...............................................................................
18. Apakah Anda mempunyai hubungan
dekat dengan seseorang?
a.
Ya, saya merasakan adanya ikatan batin yang sangat dekat dengan
..................
b.
Tidak
surabaya......................... ,2012
Diisi
sesuai dengan keadaan sebenarnya
ttd.
________________
Nama
terang
2. Wawancara Informasi
Wawancara informasi adalah alat
pengumpul data untuk memperoleh data dan informasi dari siswa secara lisan.
Berlangsunglah pertemuan tatap muka antara petugas bimbingan (interviewer)
dan siswa tertentu (interviewee).[1]
Selama pertemuan itu petugas bimbingan mengajukan pertanyaan, minta penjelasan
atas berbagai jawaban yang diberikan, dan membuat catatan mengenai hal-hal yang
diungkapkan kepadanya. Siswa menjawab pertanyaan, mengungkapkan pikiran dan
perasaan, minta penjelasan atas pertanyaan, dan mungkin menolak/ menghindari
memberikan jawaban atas pertanyaan yang dianggap tabu. Berpegang pada urutan fase dalam wawancara. Pada fase pembukaan
diusahakan menciptakan suasana yang cukup rileks dan diberikan penjelasan
kepada siswa tentang maksud wawancara.
( a)
Menunjukkan sikap yang serasi; berarti tidak berlagak
sebagai petugas kehakiman, tidak bersikap menggurui dan tidak menampakkan sikap
keheranan atas jawaban tertentu.
( b)
Merumuskan pertanyaan dalam corak bahasa yang jelas dan
mudah ditangkap, dengan menghindari istilah terlalu teknis dan bahasa asing.
( c)
Tidak memaksa-maksa siswa yang sulit berbicara atau lambat
dalam menjawab untuk memberikan penjelasan panjang lebar.
( d)
Membatasi lamanya wawancara; lebih kurang 45 menit biasanya
sudah cukup.
( e)
Menghindari perumusan pertanyaan sugestif, yang memberikan
indikasi terselubung mengenai jawaban yang ideal atau cenderung mengorek
jawaban tertentu demi memberikan kesan yang baik.
( f)
Berwaspadalah terhadap kemungkinan, bahwa informasi yang
diberikan tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya atau siswa menghindari
jawaban yang terbuka terhadap pertanyaan tertentu.
(g)
Minta izin kepada siswa untuk membuat catatan seperlunya.
Namun, lebih baik tidak membuat terlalu banyak catatan selama wawancara
berlangsung; catatan yang belum utuh dapat dilengkapi setelah siswa
meninggalkan ruang.
4.
Anekdota
Anekdota
(anecdotal record) merupakan laporan singkat tentang perilaku seseorang
siswa dan memuat deskripsi obyektif tentang tingkah laku siswa pada saat
tertentu. Deskripsi itu seolah-olah merupakan pengambilan foto dalam bentuk
kata-kata. Yang dideskripsikan adalah suatu perbuatan siswa yang berupa ucapan
kata-kata yang didengar dan/atau
tindakan yang disaksikan, berdasarkan observasi langsung terhadap kata-kata dan/atau tindakan itu.[2]
5.
Skala Penilaian
Skala
penilaian (rating scale) merupakan sebuah daftar yang menyajikan
sejumlah sifat atau sikap sebagai butir atau item. Penilaian diberikan
berdasarkan observasi spontan terhadap prilaku orang lain, yang berlangsung
dalam bergaul dan berkomunikasi sosial dengan orang itu selama priode waktu
tertentu. Pengamat tidak menyusun sendiri suatu deskripsi tentang prilaku orang
lain, tetapi memilih diantara tingkat gradasi yang disajikan pada masing-masing
butir dalam skala penilaian. Karena ciri khas itu, maka alat pengumpul data ini
disebut skala penilaian.[3]
Tipe skala penilaian, antara lain:
a.
Skala numerik. Skala ini menggunakan rentetan angka (skor)
untuk menunjukkan gradasi, disertai penjelasan singkat pada masing-masing
angka. Misalnya, butir yang berbunyi: bagaiman penilaian Anda terhadap
antusiasme dalam belajar?
Apatis
(1)
|
Jarang antusias
(2)
|
Sering-sering antusias
(3)
|
Biasanya antusias
(4)
|
Penuh kegairahan
(5)
|
b.
Skala penilaian grafis. Skala ini menggunakan garis sebagai
kontinum. Titik gradasi ditunjuk pada garis itu dengan menyajiakan rangkaian
deskripsi singkat di bawah garisnya. Pengamat memberikan silang di garis pada
tempat yang sesuai dengan gradasi yang dipilih. Misal, butir yang berbunyi:
Kerelaan untuk bekerja sama dengan teman-teman sekelas
Menolak kerjasama dan suka bertengkar
|
Sukar kerjasama, namun kadang-kadang
mau
|
Biasanya bersedia kerjasama jika
diajak
|
Kerap menawarkan kerja sama
|
Antusias mencari kesempatan kerja
sama
|
c.
Daftar cek. Bentuk skala ini obyektif dengan tipe pilihan
berganda. Pada masing-masing sifat atau sikap yang harus dinilai, disajikan
empat atau limavpilihan dengan deskripsi singkat pada masing-masing pilihan.
Pengamat memberikan tanda cek pada pilihan tertentu di ruang yang disediakan.
Misalnya, dua butir yang berbunyi:
Perhatian terhadap teman di kelas
Sejauh mana menunjukkan perhatian
yang tulus terhadap hak dan perasaan teman?:
-
Selalu menunjukkan perhatian
-
Biasanya menunjukkan perhatian
-
Bertindak sopan, tetapi tidak sungguh-sungguh
memperhatikan
-
Kadang-kadang menunjukkan perhatian
-
Tidak memperhatikan dan bertindak kasar
(--Tidak sempat mengamati)
|
Keakrraban
dalam pergaulan dengan teman sekelas
Sejauh mana siswa menunjukkan
keakraban dalam bergaul dengan siswa sekelas, dilihat dari segi jumlah siswa
yang menjadi teman akrab?
-
Akrab dengan semua teman
-
Akrab dengan sebagian besar teman
-
Akrab dengan sebagian kecil teman
-
Hanya akrab dengan satu dua teman
(-- tidak sempat mengobservasi)
|
6.
Sosiometri
Sosiometri
merupakan suatu metode untuk memperoleh data tentang jaringan hubungan sosial
dalam suatu kelompok, yang berukuran kecil sampai sedang (10-50 orang),
berdasarkan preferensi antara anggota kelompok satu sama lain.[4]
Yang diselidiki melalui metode ini adalah status sosial masing-masing anggota
kelompok menurut pandangan pribadi anggota yang lain dalam kelompok. Alat atau
instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah angket sosiometri atau tes
sosiometri,yang memuat beberapa butir atau item tentang preferensi individual
yang harus dijawab oleh masing-masing anggota dalam kelompok, dengan menyatakan
kesukaannya berada bersama siapa dalam melakukan kegiatan tertentuatau
perasaannya sendiri terhadap peserta lain dalam kelompok. Tes sosiometri ada
dua macam, yaitu tes yang mengharuskan untuk memilih beberapa teman dalam
kelompok sebagai pernyataan kesukaan untuk melakukan kegiatan tertentu (criterium)
bersama dengan sosok teman yang dipilih, dan tes yang mengharuskan menyatakan
kesukaannya atau ketidaksukaannya terhadap teman-teman dalam kelompok pada
umumnya.
Ciri-ciri
khas penggunaan angket sosiometri, yang terikat pada situasi pergaulan sosial
atau kriterium tertentu adalah:
a.
Dijelaskan kepada siswa yang tergabung dalam suatu kelompok,
misalnya satu kelas, bahwa akan dibentuk kelompok-kelompok lebih kecil (4-6
orang) dalam rangka mengadakan kegiatan tertentu.
b.
Setiap siswa diminta untuk menulis pada blanko yang
disediakan nama beberapa teman dalam kelompok, dengan siapa dia ingin dan lebih
suka melakukan kegiatan itu.
c.
Setiap siswa dalam kelompok menangkap dengan jelas kegiatan
apa yang dimaksud, dan mengetahui bahwa kegiatan itu terbuka bagi semua.
d.
Pilihan-pilihanyang ditulis pada lembar jawaban tidak
diberitahukan satu sama lain dan juga tidak diumumkan oleh tenaga pendidik yang
bertanggung jawab atas pelaksanaan tes dan pembentukan beberapa kelompok.
e.
Biasanya siswa diminta untuk menyatakan siapa yang mereka
pilih, bukan siapa yang tidak mereka pilih, dalam urutan tidak begitu
disukai, kurang disukai, tidak disukai sama sekali.
f.
Tenaga pendidik yang dapat menerapkan tes ini adalah guru
bidang studi, wali kelas, dan tenaga ahli bimbingan, tergantung dari kegiatan
yang akan dilakukan.[5]
Setelah
lembar jawaban yang berisikan nama pemilih dan nama-nama teman yang dipilih,
diserahkan kepada seorang tenaga pendidik yang bertanggung jawab. Data hasil
penyebaran angket diolah tanpa disaksikan siswa. Cara mengolah data ada
tiga, yaitu mengadakan analisa indeks, menyusun tabel atau membuat sosiogram.
7. Kunjungan Rumah
Kunjungan
rumah bertujuan yang pertama untuk memperoleh berbagai keterangan (data) yang
diperlukan dalam pemahaman lingkungan dan permasalahan siswa, dan kedua untuk
pembahasan dan pengentasan permasalahan siswa.
8.Kartu Pribadi
Kartu
pribadi merupakan aplikasi dari penyusunan suatu arsip yang memuat data penting
tentang seseorang. dikenal dengan cumulative record, yaitu seri catatan
yang disusun secara kronologis dan semakin bertambah luas karena penambahan
data secara kontinu.
9.
Studi Kasus
Studi
kasus dalam rangka pelayanan bimbingan merupakan metode untuk mempelajari
keadaan dan perkembangan seorang siswa secara lengkap dan mendalam, dengan tujuan
memahami individualis siswa dengan lebih baik dan membantunya dalam perkembangan
selanjutnya. Studi kasus (case study) berbeda dengan studi riwayat hidup
(case history), karena yang terakhir hanya merupakan pengumpulan data
tentang riwayat hidup seorang siswa dalam berbagai aspek kehidupannya,
sedangkan studi kasus mengandung pula analisis terhadap hubungan antara data
yang terkumpul, disertai interpretasi dan rekomendasi tentang tindak lanjut.
Maka, studi kasus mencakup studi riwayat hidup.
0 komentar:
Posting Komentar